Presiden Jokowi Lantik Sejumlah Pejabat Untuk Mengisi Posisi yang Kosong

JAKARTA, cinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah pejabat untuk mengisi posisi yang kosong pada Rabu (11/9/2024). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dilantik menjadi Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mundur usai mendaftar menjadi calon gubernur (cagub) Jawa Timur.

“Selain itu, Presiden juga melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme,” kata Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Ari Dwipayana pada, Rabu (11/9/2024).

Aida saat ini bertugas di Bank Indonesia sebagai deputi gubernur. Dia diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 147/P Tahun 2021 tertanggal 24 Desember 2021.

Aida menjadi Deputi Gubernur BI setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI pada November dan disetujui dalam Rapat Paripurna DPR ke-10 pada Desember 2021.

Aida mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur BI pada 6 Januari 2022 dengan masa jabatan sampai 2027.

Sementara itu, Eddy Hartono akan menggantikan Komjen Rycko Amelza Dahniel yang telah purna tugas sebagai anggota kepolisian sejak 14 Agustus 2024.

Pelantikan tiga orang tersebut dibenarkan Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

“Pagi ini jam 09.00, Presiden akan melantik Menteri Sosial, Kepala BNPT, dan anggota Dewan Komisioner LPS di Istana Negara,” kata Yusuf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights