PDIP Mengkritisi Bengkaknya Anggaran HUT RI ke-79 yang Diadakan di Dua Tempat

JAKARTA, cinews.id – Juru Bicara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Chico Hakim mengkritisi bengkaknya anggaran untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dari tahun sebelumnya. Pasalnya perayaan HUT RI tahun ini akan diselenggarakan di dua tempat, yakni di DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Chico, perayaan HUT RI yang diselenggarakan di dua tempat sama saja dengan membuang-buang anggaran.

Dia juga menyampaikan hal itu menjadi potret dari ketidakpekaan Presiden Joko Widodo di akhir masa jabatannya. Terutama melihat fakta perekonomian masyarakat yang kini semakin sulit.

“Itu pemborosan. Potret ketidakpekaan Presiden Joko Widodo di akhir masa jabatannya terhadap penderitaan dan kesulitan yang sedang dihadapi rakyat terkait banyaknya PHK massal, tingginya harga bahan pokok, mahalnya biaya kuliah,” ucap Chico kepada Media Indonesia, Sabtu (10/8/2024)

Anggaran HUT RI yang meningkat itu sebelumnya juga diakui oleh Presiden Joko Widodo sendiri. Menurut dia, kenaikan anggaran itu wajar karena perayaan HUT RI tahun ini diselenggarakan di Jakarta dan IKN.

“Ya, namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi, sehingga menjadi di dua tempat. Tapi, kan, bukan lompatan. Ini saya kira biasa, wajar dan juga anggarannya di Kementerian Sekretariat Negara,” kata Presiden Jokowi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, masyarakat menyoroti penyewaan 1.000 mobil mewah seharga Rp25 juta per hari untuk kebutuhan tamu negara serta fasilitas untuk memenuhi tamu very very important person (VVIP). Publik menilai penyewaan dan pengadaan fasilitas itu sangat besar dan hanya menghambur-hamburkan anggaran negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights