Hasto Sebut Mundurnya Kepala dan Wakil Otorita Bukti Perencanaan IKN yang Tidak Matang

JAKARTA, cinews.id – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut perencanaan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak matang. Salah satu buktinya karena Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono bersama wakilnya, Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya.

“Mundurnya kepala otorita dan wakilnya itu bagian dari suatu perencanaan yang tidak matang,” kata Hasto kepada wartawan di kawasan Depok, Senin (3/6/2024).

Hasto kemudian menyinggung dirinya pernah menjadi project manager perusahaan di kawasan tersebut. Dia menyebut ada sejumlah kesulitan yang ditemukannya saat itu.

“Dari struktur tanahnya itu sangat tidak stabil, kemudian kemampuan untuk mendapatkan sumber daya bagi pelaksanaan pembangunan pabrik kelapa sawit saja mengalami delay,” tegasnya.

“Apalagi ini suatu ibu kota negara,” sambung eks Anggota DPR RI itu.

Lebih lanjut, Hasto menyayangkan mundurnya Bambang dan Dhony yang memilih mundur dari jabatannya. Apalagi, pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 untuk memperingati HUT ke-74 RI tinggal sebentar lagi.

“Tapi kembali ini, ketika segala sesuatunya itu muncul sebagai direction dari pusat yang harus dijalankan tanpa membuka suatu ruang bagi perencanaan secara alamiah harus berjalan, ya, yang terjadi seperti ini,” ungkapnya.

“Sehingga, ini akibat suatu perencanaan yang tidak matang, yang terburu-buru sehingga menciptakan beban kerja yang begitu besar, yang membuat yang bersangkutan mundur,” jelas Hasto.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN setelah Bambang Susantono dan Donny Rahajoe mundur dari jabatannya.

Mensesneg tidak memerinci soal pengunduran diri tersebut. Namun, dia menyebut permohonan lebih dulu diajukan oleh Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Donny Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden menerima surat permohonan pengunduran Bapak Bambang Susantono, dari Kepala Otorita IKN,” ujar Pratikno dalam konferensi pers, Senin, 3 Juni.

“Pada hari ini telah terbit keputusan presiden pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Donny Rahahoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN disertai ucapan terima kasih terhadap pengabdian beliau-beliau,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights