Berita  

Ini Cara Cek Jadwal Pencairan BPNT dan BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024

BANDAR LAMPUNG, cinews.id – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai atau Kartu Sembako, yang diberikan pemerintah pada masyarakat kurang mampu setiap bulan.

Bantuan ini disalurkan melalui mekanisme akun elektronik, sehingga kartu sembako hanya bisa digunakan untuk membeli bahan pangan di warung yang bekerjasama dengan pihak bank.

BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan.

Penerima bantuan akan mendapat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai alat pencairan bantuan pangan di e-warong terdekat.

Penerima manfaat (KPM) di Indonesia pada Mei 2024 dapat menantikan berbagai bantuan sosial, termasuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan 2024.

Berdasarkan pola pencairan bansos sebelumnya, ada kemungkinan BLT Mitigasi akan diterima pada pertengahan hingga akhir Mei 2024.

Untuk memastikan apakah bantuan BPNT 2024 yang akan diterima pada bulan Mei 2024, KPM dapat memeriksa status mereka melalui tautan resmi pemerintah.

Berikut adalah prosedur yang dapat diikuti oleh KPM untuk memeriksa status pencairan bansos:

  • Buka situs cekbansos.kemensos.go.id.
  • Pilih alamat lengkap Anda.
  • Masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  • Isi kode captcha.
  • Klik “Cari Data”.

Hasil pencarian akan menampilkan nama penerima sesuai wilayah yang diinput. Jika masyarakat sudah terdaftar di DTKS, informasi bansos yang diterima akan ditampilkan di sana.

Dengan data terbaru per 9 Mei 2024, dapat disimpulkan bahwa BLT BPNT 2024 kemungkinan akan diterima pada pertengahan hingga akhir Mei 2024.

Untuk memastikan, KPM dapat melakukan pengecekan melalui situs resmi Kemensos cekbansos.kemensos.go.id bisa lewat hanphone.

Dengan informasi demikian, KPM dapat merencanakan pengeluaran dan memenuhi kebutuhan keluarga dengan lebih baik.

Selalu pantau informasi terbaru dari Kemensos ya untuk mendapatkan update terkini mengenai pencairan bansos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights