Dunia  

Tesla Akan PHK 6.020 Karyawan di Texas dan California

CALIFORNIA – Tesla akan melakukan Pemangkasan Hubungan Kerja (PHK) kepada 6.020 karyawannya di Texas dan California. CEO Tesla Elon Musk diperkirakan akan menguraikan strategi pembuat kendaraan listrik tersebut untuk memerangi melambatnya permintaan dan penurunan margin.

Melansir Channel News Asia, Rabu (24/4/2024), beberapa angka diungkapkan dalam pemberitahuan ke negara bagian Texas dan California berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan AS yang mewajibkan perusahaan dengan 100 karyawan atau lebih untuk memberi tahu 60 hari sebelum rencana penutupan atau PHK massal.

Dalam pemberitahuan itu, Tesla akan memangkas 3,332 pekerjaan di California dan menghilangkan 2,688 posisi di Texas, mulai 14 Juni 2024. PHK di Texas mewakili 12 persen dari total tenaga kerja Tesla sebanyak 22.777 orang di wilayah Austin, tempat pabrik raksasa dan kantor pusatnya berada.

PHK secara global akan mencakup 285 karyawan di lokasi Buffalo, New York yang menampung tim pelabelan untuk perangkat lunak bantuan pengemudi Autopilot yang membuat peralatan pengisian cepat. Jumlah karyawan Tesla mencapai lebih dari 140 ribu pada akhir tahun lalu, naik dari sekitar 100 ribu pada akhir 2021.

Pekan lalu, Tesla mengumumkan pengurangan lebih dari 10 persen tenaga kerja globalnya di bawah tekanan penurunan penjualan dan perang harga yang semakin intensif di antara para pembuat kendaraan listrik.

Persaingan mobil murah

Tesla telah membatalkan kontrak mobil murah yang telah lama dijanjikan, diperkirakan akan berharga sekitar USD25.000, yang telah diandalkan oleh investor untuk mendorong pertumbuhan pasar massal.

Tesla juga dinilai lambat dalam memperbarui model lamanya karena suku bunga tinggi telah melemahkan selera konsumen terhadap barang-barang mahal, sementara pesaingnya di Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia, meluncurkan model yang lebih murah.

Pelanggan juga semakin memilih untuk membeli kendaraan bensin-hibrida yang lebih murah karena menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights