Dunia  

Iran Luncurkan 200 Drone dan Rudal ke Wilayah Israel

TEHERAN – Iran melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap Israel pada Sabtu malam, meluncurkan lebih dari 200 drone dan rudal sebagai pembalasan atas serangan udara mematikan Israel dua minggu lalu. Berikut beberapa perkembangan terbaru.

Serangan skala besar yang ditujukan pada sasaran-sasaran di dalam Israel dan wilayah yang dikuasainya membuka babak baru dalam perang bayangan yang telah berlangsung lama antara Iran dan Israel, menandai peningkatan signifikan dalam permusuhan antara dua musuh regional tersebut.

Tepat sebelum pukul 02.00 waktu setempat pada Ahad 14 April 2024, sirene serangan udara terdengar di sebagian besar wilayah selatan Israel, Tepi Barat dan Dataran Tinggi Golan. Pemerintah Israel juga mengirimkan peringatan tentang kemungkinan rudal tiba di Gurun Negev, di mana terdapat beberapa pangkalan militer.

Sementara Garda Pengawal Revolusi Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah bahwa mereka telah meluncurkan “ratusan drone dan rudal” ke arah Israel dari Iran “sebagai reaksi terhadap kejahatan rezim Zionis.”

Kemudian, mereka mengeluarkan pernyataan kedua di media pemerintah yang mengklaim bahwa mereka telah menyerang sasaran militer di Israel, memperingatkan Amerika Serikat agar tidak terlibat dan mengancam akan melakukan serangan lebih lanjut jika Iran atau kepentingannya terkena dampaknya.

Pejabat senior dan komandan militer Iran telah berjanji untuk membalas sejak serangan udara Israel di Damaskus, Suriah pada 1 April. Tujuh perwira Iran, termasuk tiga komandan tertinggi, tewas dalam serangan tersebut, yang memicu sumpah Iran untuk membalas kematian tersebut.

Tindakan Iran pada Sabtu terjadi setelah seminggu diplomasi dan laporan yang bertentangan tentang seberapa jauh Teheran akan bertindak dalam menanggapi serangan di Damaskus, dan apakah mereka akan mengambil risiko memulai perang langsung dengan Israel.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan, yang berbicara tanpa menyebut nama saat membahas masalah operasional, mengatakan bahwa pasukan AS telah membantu menembak jatuh pesawat tak berawak Iran. Namun masih belum jelas apa peran Amerika dalam hal ini.

Magen David Adom, layanan tanggap darurat Israel, mengatakan bahwa satu-satunya gadis yang diketahui terluka dalam serangan itu adalah seorang anak berusia 10 tahun dari komunitas Arab Badui di Israel selatan.

Dia dibawa ke rumah sakit setelah kepalanya terkena pecahan peluru, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan. Sedangkan sekitar 20 orang lainnya dirawat karena kecemasan atau cedera yang diderita saat bergegas menuju tempat perlindungan, tambah kelompok itu.

Para pejabat dan mantan pejabat Amerika mengatakan kemungkinan besar Iran akan mencoba menyinkronkan serangan pesawat tak berawak itu dengan rudal yang bergerak lebih cepat, yang akan diluncurkan nanti. Drone yang bergerak lambat, kata mantan pejabat itu, dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian pertahanan Israel.

Militer Israel mengatakan pada Sabtu bahwa semua sekolah akan ditutup di seluruh negeri dan pertemuan lebih dari 1.000 orang dibatasi. Militer mengatakan pembatasan akan berlaku mulai Sabtu 13 April 2024 pukul 11.00 ??malam, waktu setempat dan berlangsung hingga Senin 15 April 2024 pukul 11.00 malam.

Sirene terdengar di seluruh Israel dan ledakan roket pertahanan udara terdengar di langit Yerusalem setelah Iran melancarkan serangan udara luas ke Israel pada hari Sabtu sebagai pembalasan atas serangan udara Israel yang mematikan pada awal April.

Ketika sistem pertahanan udara Israel mulai beraksi untuk mencegat puluhan drone dan rudal, seorang pejabat Pentagon mengonfirmasi bahwa pasukan Amerika Serikat membantu menembak jatuh beberapa di antaranya. Menteri Pertahanan Inggris mengatakan jet-jet tempurnya juga akan mencegat serangan udara.

Serangan skala besar yang ditujukan pada sasaran-sasaran di dalam Israel dan wilayah yang dikuasainya membuka babak baru dalam perang bayangan yang telah berlangsung lama antara Iran dan Israel, menandai peningkatan signifikan dalam permusuhan antara dua musuh regional tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights