Ada Transaksi Afiliasi Jual Beli Tanah Senilai Rp3,68 Triliun di Pantai Indah Kapuk Dua

JAKARTA, cinews id – Baru-baru ini PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) mencatatkan transaksi afiliasi yang melibatkan dua entitas anak perusahaannya dalam proses jual beli tanah. Transaksi ini dilakukan antara PT Wahana Utama Karya (WUK) sebagai pihak penjual dan PT Panorama Eka Tunggal (PET) sebagai pihak pembeli, dengan total nilai mencapai Rp3,68 triliun.

PET merupakan anak usaha langsung dari PANI, sementara WUK adalah perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan PET.

Dalam transaksi tersebut, PET membeli 196 bidang tanah milik WUK dengan status kepemilikan Hak Guna Bangunan.

Adapun, total keseluruhan luas tanah sebesar 1.475.551 meter persegi dan terletak di Desa Lemo, Tangerang, Banten.

“Total nilai transaksi sebesar Rp3,68 triliun (belum termasuk pajak),” kata manajemen dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (23/8/2034).

Manajemen menambahkan, transaksi dilakukan dengan pihak afiliasi dan bukan dengan pihak ketiga lainnya dengan pertimbangan bahwa tanah-tanah milik WUK yang dibeli oleh PET dapat menambah dan memperluas skala proyek perseroan, mengingat letaknya yang tidak jauh dari lokasi proyek perseroan.

Hal tersebut menunjukan langkah strategis PANI dalam mengelola portofolio asetnya, dengan tetap mempertahankan transaksi dalam lingkup entitas yang terafiliasi di bawah grup perseroan.

Adapun pada perdagangan sesi kedua hari ini, Jumat 23 Agustus 2024, pukul 14.46 WIB, saham PANI terpantau menguat 0,86 persen dan diperdagangkan pada level Rp5.850.

Posisi tersebut membuat performa keseluruhan saham PANI menjadi berada di zona hijau.

Dalam sepekan terakhir, saham PANI mencatatkan kenaikan sebesar 7,34 persen secara point-to-point, dan bahkan mencapai penguatan 10,38 persen dalam sebulan terakhir.

Dengan demikian, sepanjang tahun 2024, saham PANI telah berhasil mengakumulasikan penguatan signifikan sebesar 19,39 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights