IBL Tokopedia 2024, Borneo Hardiknas Menang di Kandang Bali United Basketball Lewat Overtime

DENPASAR – Dalam lanjutan musim reguler IBL Tokopedia 2024, Borneo Hornbills mencuri kemenangan di kandang Bali United Basketball dengan skor akhir 87-83 lewat overtime pada, Sabtu (11/5/2024), Borneo yang bangkit di babak kedua memaksa tuan rumah menjalani overtime pertamanya di musim ini.

Michael Qualls mencetak 29 poin untuk Borneo, termasuk tujuh poin di babak tambahan waktu. Qualls juga menambahkan tujuh rebound, tiga assist, empat steal dan tiga block dalam kemenangan ini. Borneo memenangkan overtime pertamanya dari lima kali menjalani overtime sejauh ini.

Steve Taylor Jr. membukukan 16 poin, 18 rebound, enam assist, dan tiga block. Sevly Rondonuwu menyumbang 16 poin, dan Jamarr Andre Johnson menyelesaikan laga dengan torehan 13 poin.

Dari kubu Bali United, Kierell Green menyumbang 19 poin dan 19 rebound sebelum dikeluarkan karena melakukan unsporstmanlike-foul, yang sekaligus menjadi pelanggaran kelima di laga ini sebelum pertandingan usai.

Xavier Cannefax mencetak 20 poin. Ryan Batte menambahkan 15 poin dari bench. Sementara dua pemain lokal juga tampil bagus, yaitu Abraham Renoldi Wenas dengan torehan 13 poin, dan Surliyadin yang mencetak 12 poin, hasil dari empat three point.

Bali United membuka laga dengan keunggulan 7-0. Borneo baru bisa mencetak poin saat waktu berjalan dua menit. Namun setelah poin pembuka tersebut, Borneo melaju untuk mendekat 10-11 di pertengahan kuarter pertama. Mereka juga menyamakan kedudukan 13-13 lewat three point play Michael Qualls.

Bali United menjawab melalui three point Abraham Wenas (18-15). Sejak saat itu, mereka memimpin hingga kuarter pertama ditutup dengan keunggulan 25-21. Bali United tampak nyaman bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Menginjak kuarter kedua, tempo permainan melambat. Performa kedua tim juga menurun di kuarter ini. Terlihat dari percobaan tembakan keduanya tidak ada yang menyentuh 20 kali. Bali United tetap bisa unggul berkat dua tembakan three point dari Ryan Batte dan Abraham Wenas. Sedangkan Borneo bisa tetap menjaga jarak melalui free throw yang mereka dapatkan meski Bali United mampu unggul 40-35 saat turun minum.

Drama pertandingan dimulai di babak kedua. Borneo yang mencoba lebih agresif mampu membalikkan keadaan. Di menit ketiga, mereka running 7-0 untuk memimpin 49-46. Momentum yang berusaha dijaga oleh Borneo, ternyata lepas begitu saja di sisa satu menit. Di mana Ryan Batte mencetak dua angka untuk menyamakan kedudukan (57-57). Pada 27 detik terakhir Bima Risky Ariandsyah membuat Bali United kembali unggul 59-57.

Kuarter keempat benar-benar menegangkan. Terjadi tujuh kali tie-game, dan empat pergantian keunggulan. Di sisa satu menit, Kierell Green membawa timnya unggul 73-72. Setelah itu, Qualls yang berhasil mencuri bola dari Xavier Cannefax, berlari ke depan, namun bolanya lepas. Tetapi ada Muhammad Ary Daffa yang menyelamatkan bola tersebut. Tapi dia dilanggar oleh Galank Gunawan.

Daffa hanya memasukkan satu free throw yang membuat skor sama kuat 73-73. Sebaliknya kesempatan Bali United untuk membuat poin, harus pupus karena 24 second violation. Di sisi Borneo, Qualls juga melakukan turnovers, yang membuat poin tidak bertambah untuk kedua tim.

Borneo sendiri harus berjuang di babak overtime tanpa Akeem Scott yang melakukan dua kali unsportmanlike-foul. Pertama dia melakukannya di kuarter ketiga, lalu terpaksa keluar di kuarter keempat (ejected) setelah melakukan unsportmanlike-foul kedua. Sementara itu, tensi pertandingan yang tinggi membuat dua pemain Borneo, Muhammad Ary Daffa dan Raymond Shariputra, masing-masing mendaatkan technical foul saat overtime.

Borneo akhirnya bisa menyamakan kedudukan (1-1) atas Bali United musim ini. Mereka juga meraih kemenangan keenam dalam 16 pertandingan. Sedangkan Bali United harus menelan empat kekalahan beruntun, dan punya rekor 7-8 hingga pekan ke-11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights