Antrean di Pelabuhan Merak Kendaraan Angkutan Barang Dipisah Dengan Sepeda Motor

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tak ingin kepadatan kendaraan di Merak, Banten, pada arus mudik Lebaran 2023 terulang pada mudik Lebaran 2024. Polri telah melakukan evaluasi dan akan memisahkan kendaraan angkutan barang sumbu tiga ke atas dengan sepeda motor.

“Jadi evaluasi tahun lalu untuk kendaraan truk angkutan barang termasuk sumbu tiga ke atas dikecualikan akan kita arahkan ke Pelabuhan BBJ yang ada di Bojonegara. Jadi, tidak dicampur dengan sepeda motor,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan kepada wartawan dikutip Jumat (29/3/2024).

Aan mengatakan arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Ciwandan, Banten, menjadi evaluasi Polri. Pasalnya, terjadi antrean yang cukup panjang untuk angkutan barang di lokasi tersebut.

“(Maka itu), tahun ini untuk barang khusus itu ke BBJ,” ujarnya.

Selain itu, Aan mengatakan pihaknya juga akan menerapkan buka tutup saat masuk pelabuhan. Kemudian, Polri juga menerapkan delaying sistem atau pelambatan perjalanan. Namun, delaying sistem diberlakukan di Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bakauheni ketika volume, cpacity, and ratio (VCR) kendaraan berada pada angka 0,7.

“Jadi tidak dicampur dengan sepeda motor, tahun lalu memang menjadi evaluasi kita terjadi antrean yang cukup banyak untuk angkutan barang. Tahun ini untuk barang khusus ke BBJ ya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights