Kalahkan Arab Saudi, Timnas U-23 Uzbekistan Dipastikan Akan Berhadapan Dengan Garuda Muda di Semifinal

DOHA – Tim Nasional U-23 Uzbekistan mengalahkan Timnas U-23 Arab Saudi dengan skor 2-0 pada perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Khalifa International, Ar-Rayyan, Qatar, Sabtu (27/4/2024) dini hari, selanjutnya Uzbekistan akan menjadi lawan Timnas U-23 Indonesia.

Ini akan menjadi laga ulangan kedua tim yang terakhir bertemu di babak 16 besar Asian Games 2022 Hangzhou. Saat itu, Ernando Ari dan kawan-kawan takluk 2-0 dari Uzbekistan yang akhirnya meraih medali perunggu. Salah satu pencetak gol Garuda Muda yang waktu dibesut Indra Sjafri adalah Husayin Norchaev.

Laga kedua tim diprediksi akan berlangsung sengit. Bagi Garuda Muda yang saat ini diperkuat beberapa pemain keturunan, kemenangan akan menjadi balasan sempurna karena sekaligus akan meraih satu tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Saat ini, Skuat Garuda Muda memang telah membuat sejarah dengan membalikkan sejumlah prediksi dan sejak awal grup tampil impresif. Usai kalah dari tuan rumah Qatar, selanjutnya anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Australia (1-0), Yordania (4-1), dan terakhir mengalahkan juara edisi 2020, Korea Selatan di perempat final lewat adu penalti dengan skor 11-10, setelah kedua tim berbagi skor 2-2 di waktu normal.

Sementara, bagi Uzbekistan, ini menjadi target kedua mereka melaju ke final usai pernah menjuarai turnamen pada edisi 2018. Laga melawan Indonesia juga pastinya dijadikan momentum sejarah untuk kali pertama lolos ke ajang Olimpiade.

Untuk diketahui, Di laga semifinal lainnya, Jepang yang sudah lolos lebih dulu ke semifinal akan berjumpa Irak yang pada perempat final mengalahkan wakil Asia Tenggara lainnya, Vietnam dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Irak di laga tersebut dicetak Ali Jasim pada menit 64 lewat titik putih.

Melihat komposisi tim yang lolos ke semifinal, ini akan menjadi ajang semifinal para juara, kecuali Skuat Garuda Muda, yang terus mencetak sejarah untuk kali pertama lolos ke semifinal pada debut perdananya di kejuaraan yang digelar sejak 2013 silam.

Irak adalah juara di edisi pertama pada 2013. Tiga tahun berselang, giliran Jepang yang meraih gelar pada edisi 2016. Selanjutnya adalah Uzbekistan yang meraih trofy pada edisi 2018, di saat kejuaraan mulai digelar setiap dua tahun sekali.

Untuk terus membuat sejarah, Indoesia harus mengalahkan Uzbekistan lebih dulu di semifinal pada Senin 29 April 2024 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha.

Di tengah kepungan para juara, ini menjadi ujian mental sesungguhnya bagi Skuat Garuda untuk terus terbang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights