Daerah  

Seluas 240,77 Hektare Lahan di Kabupaten Natuna Terbakar

NATUNA – Sedikitnya 240,77 hektare lahan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi pada Rabu (20/3) terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, menyatakan bahwa upaya pemadaman telah dilakukan oleh tim pemadam dan BPBD setempat, namun keterbatasan alat membuat proses pemadaman menjadi sulit.

“Lahan yang terbakar mencapai 240,77 hektare pada tanggal 20 Maret 2024,” ujar Raja Darmika dalam keterangan, Kamis (21/3/2024).

Gangguan terhadap aktivitas lalu lintas juga terjadi akibat kabut asap yang tebal akibat kebakaran tersebut. “Lalu lintas terpaksa dihentikan sementara karena kabut asap mengganggu jarak pandang,” tambahnya.

Dugaan sementara menunjukkan bahwa kebakaran ini disebabkan oleh aktivitas membuka lahan dengan cara membakar yang dilakukan oleh warga sekitar. “Kami menduga bahwa kebakaran ini masih terkait dengan aktivitas berkebun,” ungkap Raja.

Hingga saat ini, masih terdapat titik api yang belum berhasil dipadamkan, dan ada potensi penyebaran kebakaran ke arah barat dan utara.

“Kondisi saat ini masih berkabut,” katanya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, masyarakat sekitar diminta untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan masker sebagai langkah pencegahan terhadap dampak kabut asap.

Terkait status peristiwa ini, Raja menyatakan bahwa belum ada keputusan resmi.

“Kami akan mengadakan rapat terlebih dahulu untuk menentukan langkah selanjutnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights