Hukum  

Kaesang Datangi KPK Klarifikasi Terkait Plesiran ke Amerika Nebeng Jet Pribadi Kawannya

JAKARTA, cinews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menumpang atau nebeng jet pribadi kawannya yang berinisial Y untuk plesiran ke Amerika Serikat (AS).

Hal ini disampaikan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan usai Kaesang melaporkan penggunaan fasilitas jet pribadi saat dia berpergian ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Pelaporan disampaikan ke Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

“Inisial Y (teman yang ditumpangi Kaesang, red),” kata Pahala kepada wartawan di Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

“Tapi kami enggak tahu nih, benar enggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa,” sambung dia.

Ke depan, Pahala bilang inisial Y ini bisa saja dikonfirmasi oleh Direktorat Gratifikasi KPK. Tapi, semuanya tergantung kebutuhan.

“Kami lihat ya, kami lihat apakah bener begitu. Kami konfirmasi pasti,” tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut telah menjelaskan perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang digunakannya saat plesir ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Klaimnya, dia menumpang pesawat milik temannya.

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” kata Kaesang kepada wartawan di gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Kaesang juga menyebut sudah minta saran ke KPK soal tudingan dirinya menerima gratifikasi dari pihak lain. Sehingga, dia dengan inisiatifnya memilih mendatangi KPK.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyebut tak mendapatkan panggilan.

“Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik,” tegasnya.

“Bukan karena panggilan atau undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat maupun penyelenggara negara,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights