Jokowi Sebut Istana Istana Merdeka dan Istana Bogor Dibayang-bayangi Kolonial

NUSANTARA, cinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan pengalamannya selama mendiami Istana Negara, Istana Merdeka, dan Istana Bogor selama hampir 10 tahun memimpin Indonesia. Dia mengaku, setiap hari selalu merasakan suasana kolonial di istana-istana yang merupakan peninggalan Belanda itu.

Jokowi menjelaskan istana yang ada di Jakarta dan Bogor merupakan istana bekas kolonial yang dulunya dihuni oleh Gubernur Jenderal asal Belanda. Hingga kini Jokowi mengaku merasa dibayang-bayangi bau kolonial setiap harinya.

“(Ketiga Istana) pernah ditinggali oleh Jenderal Belanda dan sudah kita tempati 79 tahun di bau-baunya kolonial. Selalu saya rasakan setiap hari, dibayang-bayangi,” ungkap Jokowi pada Pengarahan Kepala Daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nesantara (IKN), Selasa (13/8/2024).

Oleh karena itu, pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota sesuai dengan keinginan dan desain lokal. Namun di saat bersamaan, Jokowi mengakui pembangunan IKN masih memerlukan waktu yang panjang.

“Kita ingin menunjukkan bahwa kita punya kemampuan untuk juga membangun ibu kota sesuai dengan keinginan kita sesuai dengan desain kita tetapi memang memerlukan masih memerlukan waktu yang lama,” ujar Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights