Daerah  

Sebanyak 25 Orang Anggota DPRD Kota Bukittinggi Diangkat dan Diambil Sumpah

BUKITTINGGI, cinews.id – Sebanyak 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi Sumatra Barat, dilantik dan diambil sumpah menjalankan amanah masa jabatan 2024-2029, dari 25 kursi, 8 diantaranya disi oleh perwakilan perempuan.

Setelah melalui proses pemilihan legislatif, sebanyak 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kota Bukittinggi diambil sumpahnya yang dilaksanakan di Gedung DPRD pada, Rabu 7 Agustus 2024, untuk menjalankan tugas amanah lima tahun kedepan.

“Pelantikan ini merupakan suatu proses demokrasi, 25 orang caleg terpilih dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri,” ucap Ketua DPRD Benny Yusrial.

Komposisi anggota DPRD periode ini berasal dari 8 partai politik dengan jumlah kursi terbanyak diperoleh oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 5 kursi disusul Gerindra 4 kursi.

Sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan sebelum pimpinan DPRD terbentuk secara definitive, pimpinan sementara terdiri atas ketua dan wakil ketua yang berasal dari dua partai politik dengan kursi terbanyak. Mandat ketua dan wakil ketua DPRD sesuai dengan SK partai, jabatan ketua DPRD sementara dipimpin oleh Syaiful Efendi dari PKS dan Benny Yusrial dari Partai Gerindra

“Yang unik dari periode sebelumnya anggota DPRD Bukittinggi di isi oleh delapan orang perempuan diantaranya berusia 26 tahun dengan baground pengusaha dan wanita karier,” terang Benny.

Hadir dalam pelantikan tersebut Sekda Provinsi Sumatra Barat dan wali kota, jajaran pemerintah kota, muspida, serta tokoh masyarakat Bukittinggi.

Anggota DPRD terpilih, Sabirin Rachmad, berharap legislator terpilih mampu menjalankan amanah dan tugas dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights