Fraksi Gerindra DPR RI Secara Mendadak Mengganti Ketua Baleg

JAKARTA, cinews.id – Fraksi Gerindra DPR RI secara mendadak mengganti Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR yang juga kadernya Supratman Andi Agtas. Supratman digantikan politikus Gerindra yang juga Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto.

Mulanya, Supratman sedang memimpin rapat mengenai pembahasan RUU yang akan di-carry over kepada Anggota DPR 2024-2029 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Di tengah rapat, Supratman tampak diberikan surat oleh seorang pria. Supratman lantas membuka surat dari Fraksi Gerindra tersebut.

“Bapak/ibu sekalian, sebelum saya lanjutkan, saya rupanya tiba-tiba dapat surat cinta, surat dari Fraksi Gerindra Nomor A956/EP/Gerindra/DPR RI/8/2024 tentang pergantian Ketua Baleg DPR RI dari Fraksi Gerindra. Waduh,” ujar Supratman dengan ekspresi kaget.

Supratman kembali membaca lanjutan dari isi surat tersebut. Dia menyebut dirinya digantikan oleh Wihadi Wiyanto, yang sama-sama berasal dari Gerindra.

Hanya saja, pergantian itu sudah diambil sejak 1 Agustus 2024 lalu. Sedangkan Supratman baru menerima surat itu hari ini.

“Sesuai dengan keputusan Fraksi Gerindra DPR RI, dengan ini menyampaikan penggantian Ketua Baleg DPR RI dari Partai Gerindra sebagaimana di bawah ini, nama Ketua Baleg sebelumnya Supratman Andi Agtas digantikan oleh Bapak Wihadi Wiyanto terhitung mulai tanggal 1 Agustus. Rupanya sudah lama ini suratnya, saya baru dikasih. Waduh,” tuturnya.

Supratman mengatakan, berhubung ada penggantian kursi Ketua Baleg DPR, maka mereka harus menunggu pimpinan DPR.

Dia berkelakar harus belajar kembali menjadi anggota jelang lengsernya dirinya dari kursi Ketua Baleg DPR.

“Ini karena ada pergantian seperti ini kita tunggu pimpinan DPR untuk saya lengser dari tempat ini dan menyerahkan kembali ke teman-teman berempat. Kita akan menjadi anggota lagi, belajar menjadi anggota,” kata Supratman.

Dalam rapat, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, ketua Baleg DPR dari Fraksi Gerindra mengalami perubahan yang semula saudara Supratman Andi Agtas A-128 digantikan oleh saudara Wihadi Wiyanto A-114.

“Pergantian ketua Baleg DPR RI, ketua Baleg DPR dari Fraksi Gerindra mengalami perubahan yang semula saudara Supratman Andi Agtas A-128 digantikan oleh saudara Wihadi Wiyanto A-114,” kata Dasco saat memimpin rapat, di Ruang Rapat Baleg, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Wihadi akan ditempatkan selama dua bulan terlebih dahulu. Hal ini untuk mempelajari sistem di Baleg.

Kemudian, Dasco membuka rapat. Dia menyatakan bahwa rapat tersebut telah memenuhi kuorum.

“Untuk itu kami selaku pimpinan rapat akan menanyakan kepada anggota Badan Legislasi, apakah Saudara Wihadi Wijanto A-114 dapat disetujui untuk ditetapkan sebagai Ketua Badan Legislasi DPR?” tanya Dasco.

“Setuju,” jawab kompak peserta rapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights