Komisioner KPU Prediksi Jumlah Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan Semakin Sedikit

JAKARTA – Komisioner KPU RI Idham Holik memprediksi, jumlah calon kepala daerah jalur perseorangan semakin sedikit. Menurunnya, semakin sedikitnya calon kepala daerah jalur perseorangan bukan karena kurangnya sosialisasi KPU di daerah.

“Kalau melihat dinamika dan mengkaji berbagai informasi yang kami terima sepertinya penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan. Tidak seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya, artinya dari sisi jumlah potensinya ada penurunan,” kata Idham, Senin (6/5/2024).

Tahap pencalonan perseorangan Pilkada Serentak 2024 sudah dimulai dengan pengumuman penerimaan dukungan. KPU akan menunggu penyerahan persyaratan sampai Ahad (12/5/2024).

Idham menuturkan, semestinya, koordinasi dapat dilakukan lebih awal bagi bakal calon kepala daerah jalur perseorangan. Sebab, perlu dilakukan pengunggahan data pada aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Kami memang komunikasi ke semua pihak yang sekiranya berpotensi menyerahkan persyaratan agar segera konfirmasi. Kami di daerah memberi pelayanan Helpdesk, kami memberikan pelatihan khusus agar petugas bacalon dapat mengoperasikan Silon,” ujar Idham.

Biasanya, tambah Idham, calon pendaftar, termasuk dari jalur perseorangan mengonfirmasi sejak awal, tapi untuk tahun ini belum ada.

“Informasi yang disampaikan oleh rekan-rekan KPU di daerah tidak seperti pada pilkada sebelumnya,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights